jumadi88

Demoralisasi Penegak Hukum semakin Parah

Posted on: 04/06/2011

Kasus hakim kepailitan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) , Syarifuddin Umar, yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan indikasi semakin parahnya demoralisasi penegak hukum. “Kasus itu semakin menambah panjang daftar penegak hukum yang terlibat mafia hukum,” kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) Farid Wajdi, di Medan, Sabtu (4/6). Farid mengatakan, dari serangkaian kasus yang terjadi selama ini, ada indikasi kuat jika moral penegak hukum di Indonesia, baik kalangan advokat, hakim, polisi, mau pun jaksa mengalami “defisit” yang luar biasa. Hal itu disebabkan sebagian oknum penegak hukum tersebut tidak berlaku amanah karena menjadikan kasus yang ditanganinya sebagai komoditas yang mendatangkan keuntungan pribadi. “Oknum-oknum itu justru menjadi ‘pedagang hukum’,” katanya.
Dengan kondisi itu, kata Farid, hampir dapat dikatakan jika proses reformasi di bidang hukum yang diprogramkan telah berada di ambang kegagalan. Apalagi dengan adanya hakim ditangkap KPK karena diduga terlibat dalam praktik kotor dagang hukum yang hanya berpihak pada kelompok yang memiliki uang banyak. Padahal profesi hakim sangat mulia, menjadi benteng dan harapan terakhir bagi rakyat kecil yang ingin mendapatkan keadilan. Karena itu, pemerintah harus segera menetapkan kebijakan untuk melakukan pembenahan secara signifikan guna mengurangi situasi yang kurang kondusif dalam penegakan hukum selama ini.
Pertama, kata dia, dengan memberi sanksi yang seberat-beratnya terhadap oknum penegak hukum yang menyimpang dari tugas dan tanggung jawabnya guna memberi efek jera bagi yang lain. “Khusus untuk oknum penegak hukum, tidak boleh lagi ada diskon hukuman seperti remisi atau pembebasan bersyarat,” katanya. Lebih lanjut Farid mengatakan, perlu dilakukan upaya yang berorientasi jangka panjang dengan menyiapkan sistem hukum yang tepat dan menutup peluang untuk dimanfaatkan demi kepentingan pribadi. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah penguatan fungsi dan kewenangan Komisi Yudisial dalam mengawasi perilaku penegak hukum, termasuk kewenangan dalam memberi sanksi pemberhentian, khususnya terhadap hakim. Setelah itu, perlu adanya pembenahan dalam pola rekrutmen sumber daya manusia (SDM) penegak hukum guna mendapat personel yang lebih amanah.
Namun pemerintah juga diharapkan dapat memperbaiki sistem penggajian dan peningkatan kesejahteraan bagi kalangan penegak hukum guna mengurangi keinginan mereka untuk menyalahgunakan kewenangan demi mendapatkan keuntungan. Sebelumnya, KPK menangkap tangan hakim kepailitan PN Jakpus berinisial S yang diduga menerima suap di seputaran Sunter, Jakarta Utara, Rabu (1/6) ( media Indonesia edisi 4 juni 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • None
  • jumadi88: yang mati pas kena tembak oleh aparat yang menghadang para pendemo sebelum memasuki area demo. Dia mAti terkena peluru karet, dia dibawa ke RS tapi s
  • siagian: Kematian? Apanya yang mati? Tolol!
  • jumadi88: oke
Ada berbagai macam alat kontraseps an amazing black and white bedroom desig belaskasih Berikut ini ada 5 latihan yang bisa dilakukan di kantor tapi tetap efektif dan menyenangkan blue bed room brings a cool fresh feeling accessories and furniture.to a space blue kitchen have existed cocok untuk mengandung craft dan bali. design donatur elegan bed room 2 elegan living room elegant dining room furniture health hukuman. interior design jahe lebih mancur mengatasi migran jawa keluarga ruyati Kitchen modern design and classic style in a specially designed luxury housing kithcen room Massa memulai aksi dengan melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan eksekusi Ruyati. Metode kontrasepsi yang berbeda akan memberikan keuntungan yang berbeda dan juga kerugian dalam arti perasaan tidak nyaman dan risiko kesehatan lain yang juga berbeda. modern pencemaran Red and white kitchens are sexy and dramatic Salah satu polutan yang dikawahtirkan akan menghambat pertumbuhan tinggi badan manusia adalah pestisida yang belakangan makin banyak digunakan santunan Seorang perempuan mengenakan kerudung warna hijau dan kemeja warna hijau dan celana jeans terlihat berdiri dan dijerat lehernya dengan menggunakan tali tambang. Tangan kanan dan tangan kiri si perempu seperti dikutip dari Askmen set white bedroom furniture sofa . sumatra sungai their furniture is fairly traditional.design the living room The vogue for glossy kitchens is still very popular and gives a throughly modern This design will be a pleasant place in your home Ukuran Tubuh Manusia 100 Tahun Mendatang Bakal Menyusut usia 29 tahun white bedroom white bedroom furniture white bedroom set

Categories

Archives

%d bloggers like this: