jumadi88

Tak Ada Penjelasan Komprehensif, Pancasila Hanya Sebatas Slogan

Posted on: 04/06/2011

Kerinduan masyarakat Indonesia terhadap ideologi Pancasila mulai menemukan titik klimaksnya. Maraknya perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, membuat ideologi yang ditelurkan oleh Presiden pertama Indonesia tersebut kembali bergairah. “Sejak dua tahun belakangan, Indonesia sedang demam Pancasila. Jadi, terus akan kita gelorakan,” kata Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid, di sela-sela pembukaan pelatihan untuk pelatih sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (3/6) malam. Dikatakan, demam Pancasila ini merupakan titik balik bagi perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan begitu diharapkan semua lapisan masyarakat mampu mengimplementasikan dengan baik nilai-nilai Pancasila, sehingga menjadi dasar dalam bertindak. Pun halnya dengan para politisi di Senayan.
Ia berharap dengan implementasi kembali Pancisila diharapkan perilaku dan etika politik kembali ke dalam koridor yang diwadahi oleh ideologi bangsa tersebut. “Dalam masa transisi seperti ini kita tidak bisa bayangkan dalam dunia pendidikan kita. Kita berharap segala hal akan kembali kepada etika politik berbangsa sesuai dengan Pancasila. Penegakan hukum dan relasi sosial juga demikian, dan aspek lainnya,” katanya. Sementara itu, terkait pidato Presiden SBY yang menyatakan dari hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui bahwa peran politisi terhadap implementasi nilai-nilai Pancasila hanya 3%, ia tak mau menanggapi berlebihan. ikatakan, hal tersebut merupakan penilaian masyarakat yang obyektif. “Itu persepsi masyarakat. Itu tidak bisa ditolak. Itu penilaian masyrakat. Artinya, untuk memasyarakatkkan empat pilar Negara, masyarakat lebih percaya kepada tokoh agama ketimbang politisi, meski UUD menjadi menu sehari-hari politisi di Senayan,” katanya. Dikatakan, ketidakpercayaan publik terhadap politisi atas sosialisasi empat pilar Negara merupakan hal yang wajar. Mengingat, seringkali politisi menyalahgunakan Pancasila untuk tujuan sesaat. “Mungkin saja kalau politisi yang berbicara jangan-jangan ideologi Negara ditafsirkan sesuai dengan kepentingan politiknya,” sindirnya. Terkait pendidikan Pancasila yang akan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan sekolah, Farhan sangat mengapresiasinya. Dikatakan, nilai-nilai Pancasila memang harus kembali diajarkan di sekolah-sekolah. Dengan begitu diharapkan siswa dapat mengenal nilai Pancasila dengan baik untuk bisa direkam dan didiskusikan sesuai dengan konteks zaman dan mengamalkannya.
“Kalau sudah diamalkan, rapi bangsa kita. Dua tahun terakhir ini kita terus melakukan pengakttifan Pancasila. Dan, kami sangat mendukung jika Pancasila diajarkan kembali di sekolah-sekolah,” tegasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • None
  • jumadi88: yang mati pas kena tembak oleh aparat yang menghadang para pendemo sebelum memasuki area demo. Dia mAti terkena peluru karet, dia dibawa ke RS tapi s
  • siagian: Kematian? Apanya yang mati? Tolol!
  • jumadi88: oke
Ada berbagai macam alat kontraseps an amazing black and white bedroom desig belaskasih Berikut ini ada 5 latihan yang bisa dilakukan di kantor tapi tetap efektif dan menyenangkan blue bed room brings a cool fresh feeling accessories and furniture.to a space blue kitchen have existed cocok untuk mengandung craft dan bali. design donatur elegan bed room 2 elegan living room elegant dining room furniture health hukuman. interior design jahe lebih mancur mengatasi migran jawa keluarga ruyati Kitchen modern design and classic style in a specially designed luxury housing kithcen room Massa memulai aksi dengan melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan eksekusi Ruyati. Metode kontrasepsi yang berbeda akan memberikan keuntungan yang berbeda dan juga kerugian dalam arti perasaan tidak nyaman dan risiko kesehatan lain yang juga berbeda. modern pencemaran Red and white kitchens are sexy and dramatic Salah satu polutan yang dikawahtirkan akan menghambat pertumbuhan tinggi badan manusia adalah pestisida yang belakangan makin banyak digunakan santunan Seorang perempuan mengenakan kerudung warna hijau dan kemeja warna hijau dan celana jeans terlihat berdiri dan dijerat lehernya dengan menggunakan tali tambang. Tangan kanan dan tangan kiri si perempu seperti dikutip dari Askmen set white bedroom furniture sofa . sumatra sungai their furniture is fairly traditional.design the living room The vogue for glossy kitchens is still very popular and gives a throughly modern This design will be a pleasant place in your home Ukuran Tubuh Manusia 100 Tahun Mendatang Bakal Menyusut usia 29 tahun white bedroom white bedroom furniture white bedroom set

Categories

Archives

%d bloggers like this: