jumadi88

Kemenkes Waspadai Ancaman E.coli dari Eropa

Posted on: 05/06/2011

Meski terjadi di Eropa, serangan bakteri mematikan Escherichia coli atau E.coli direspons serius oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Masyarakat diimbau mewaspadai strain terbaru E.coli dari Eropa yang sangat mematikan ini. Dirjen PengendalianPenyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan bahwa sebagian besar stain atau jenis E.coli sebenarnya tidak berbahaya. Bakteri ini juga dapat ditemukan di usus manusia maupun binatang berdarah panas. Namun bakteri yang menyerang Eropa 2 pekan terakhir ini merupakan strain terbaru E.coli yang sangat mematikan karena bisa memicu perdarahan parah. Strain baru yang konon kebal terhadap antibiotik ini dinamakan Enterohaemorrhagic Escherichia coli atau EHEC. “Strain E.coli tertentu seperti EHEC ini akan dapat menimbulkanpenyakit berbahaya dan mematikan seperti yang terjadi di Eropa sekarang ini,” ungkap Prof Tjandra Yoga dalam rilis yang diterimadetikHealth, Minggu (5/6/2011).
Gejala infeksi EHEC menurut Prof Tjandra Yoga antara lain berupa sakit perut seperti kram disertai diare, yang pada sebagian kasus dapat mengeluarkan darah (haemorrhagic colitis). Gejala lain yang sering menyertainya adalah demam serta mual-muntah. Masa inkubasi EHEC berkisar antara 3 hingga 8 hari, atau rata-rata 4 hari. Sebagian besar bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10 hari, namun dalam kasus tertentu seperti yang terjadi di Eropa, infeksi bisa berlanjut menjadi Haemolytic Uraemic Syndrome (HUS).
Gejala HUS cukup serius, di antaranya adalah gagal ginjal akut yang disertai kerusakan pada sel-sel darah merah, gangguan saraf, stroke dan koma. Diperkirakan sekitar 10 persen dari pasien yang terinfeksi EHEC akan berlanjut ke HUS, dengan tingkat kematian sebesar 3-5 persen. Prof Tjandra Yoga menambahkan, sejak pertengahan Mei hingga 2 Juni 2010 bakteri EHEC telah menginfeksi 1.733 orang di Jerman dengan korban tewas mencapai 17 orang. Sebanyak 6 korban tewas dengan gejala HUS, sedangkan 11 lainnya positif terinfeksi EHEC.
Di negara lainnya, jumlah kasus yang dilaporkan adalah sebagai berikut.

Negara kasus HUS kasus EHEC
Jerman 520 1.213
Austria 0 2
Republik Czech 0 1
Denmark 7 10
Prancis 0 6
Belanda 4 4
Norwegia 0 1
Spanyol 1 0
Swedia 15 28
Swiss 0 2
Inggris 3 4
Amerika Serikat 2 0
Untuk mengantisipasi masuknya EHEC ke Indonesia, Kemenkes telah memerintahkan seluruh pelabuhan untuk mewaspadai orang-orang yang baru datang dari Eropa dan mengalami diare. Edaran mengenai bahaya EHEC juga telah disampaikan ke seluruh Dinas Kesehatan Provinsi se-Indonesia.
Kemenkes juga mengimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, antara lain dengan mencuci tangan pakai sabun setelah Buang Air Besar (BAB). Sementar itu 5 kunci untuk menjamin keamanan pangan seperti direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) adalah sebagai berikut.

1. Jaga kebersihan
2. Pisahkan bahan mentah dengan bahan matang
3. Masak makanan sampai matang
4. Jaga makanan pada suhu aman
5. Gunakan air bersih untuk mencuci bahan makan.
Sumber Detik . edisi 5 juni 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • None
  • jumadi88: yang mati pas kena tembak oleh aparat yang menghadang para pendemo sebelum memasuki area demo. Dia mAti terkena peluru karet, dia dibawa ke RS tapi s
  • siagian: Kematian? Apanya yang mati? Tolol!
  • jumadi88: oke
Ada berbagai macam alat kontraseps an amazing black and white bedroom desig belaskasih Berikut ini ada 5 latihan yang bisa dilakukan di kantor tapi tetap efektif dan menyenangkan blue bed room brings a cool fresh feeling accessories and furniture.to a space blue kitchen have existed cocok untuk mengandung craft dan bali. design donatur elegan bed room 2 elegan living room elegant dining room furniture health hukuman. interior design jahe lebih mancur mengatasi migran jawa keluarga ruyati Kitchen modern design and classic style in a specially designed luxury housing kithcen room Massa memulai aksi dengan melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan eksekusi Ruyati. Metode kontrasepsi yang berbeda akan memberikan keuntungan yang berbeda dan juga kerugian dalam arti perasaan tidak nyaman dan risiko kesehatan lain yang juga berbeda. modern pencemaran Red and white kitchens are sexy and dramatic Salah satu polutan yang dikawahtirkan akan menghambat pertumbuhan tinggi badan manusia adalah pestisida yang belakangan makin banyak digunakan santunan Seorang perempuan mengenakan kerudung warna hijau dan kemeja warna hijau dan celana jeans terlihat berdiri dan dijerat lehernya dengan menggunakan tali tambang. Tangan kanan dan tangan kiri si perempu seperti dikutip dari Askmen set white bedroom furniture sofa . sumatra sungai their furniture is fairly traditional.design the living room The vogue for glossy kitchens is still very popular and gives a throughly modern This design will be a pleasant place in your home Ukuran Tubuh Manusia 100 Tahun Mendatang Bakal Menyusut usia 29 tahun white bedroom white bedroom furniture white bedroom set

Categories

Archives

%d bloggers like this: