jumadi88

orang indonesia tak mau donor mata karena tabu

Posted on: 23/06/2011

Di Indonesia jumlah orang yang mau mewasiatkan matanya untuk didonorkan setelah meninggal sangatlah sedikit. Padahal donor mata sangat dibutuhkan bagi orang yang mengalami kebutaan kornea. Tabu menjadi alasan orang tak mau jadi donor mata.

“Kebutaan kornea beda dengan buta yang lain. Ini disebabkan oleh trauma, kecelakaan, infeksi atau akibat lupa melepas lensa kontak saat tidur,” jelas Dr. dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Sp.M, anggota baru Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) saat kuliah innaugurasi ‘Menguak ‘Jendela Hati’ Sebagai Embrio Proses Berpikir Manusia’ di RSCM, Jakarta, Rabu (22/6/2011).

Menurut Dr Tjahjono, kebutaan kornea hanya bisa diatasi dengan cangkok atau transplantasi kornea dari orang yang mau mendonorkan matanya.

Sekarang donor mata diperoleh dari orang yang bersedia mewasiatkan matanya untuk didonorkan saat meninggal kelak.

“Tapi jumlah orang yang mau jadi pendonor mata setelah meninggal sangatlah sedikit. Padahal mata tersebut menjadi besar manfaatnya bagi orang hidup yang membutuhkannya,” ujar Dr Tjahjono.

Kendalanya, lanjut Dr Tjahjono, pertama karena ketidakpedulian dan kedua tabu.

“Banyak orang menganggap bahwa donor mata itu tidak boleh karena mata diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Mereka takut kalau nanti matanya dipakai untuk hal-hal yang jahat. Padahal mata dan penglihatan adalah hal yang beda,” jelas Dr Tjahjono.

Di Jakarta, data dari Bank Mata Indonesia mencatat baru ada sekitar 20.000 orang yang mendaftar menjadi pendonor mata, sedangkan di luar Jakarta jumlahnya tidak sampai 5.000 orang.

Dan sayangnya, menurut Dr Tjahjono, orang yang mau jadi pendonor mata mendaftar pada usia yang relatif muda. Hal ini akhirnya menyebabkan jumlah pendonor mata di Indonesia tidak bertambah, karena mata didonorkan saat orang sudah meninggal.

Dr Tjahjono juga menyebutkan bahwa hanya ada 2 sampai 3 populasi yang rutin menjadi donor. Sedangkan di luar kelompok itu sangat sedikit. Akhirnya Indonesia bergantung pada donor dari luar negeri.

“Meski secara medis kualitas mata yang didonorkan dari luar negeri baik, tapi setelah sampai disini sudah masuk ambang batas kadaluarsa. Maka kita membutuhkan donor dari dalam negeri,” papar Dr Tjahjono.

Jumlah calon donor yang terdaftar di Bank Mata Indonesia relatif sangat rendah apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, begitu pula jumlah kornea donor lokal bila dibandingkan jumlah kornea donor yang berasal dari Srilangka, India, Belanda maupun Amerika Serikat.

Jika menilik negara lain, pemerintah Singapura pada tahun 2010 mengalokasikan anggaran sebesar S$5.000.000 untuk lebih mengembangkan kualitas Bank Mata. Pemerintah Singapura juga telah menerapkan peraturan bahwa setiap orang yang meninggal adalah calon donor kecuali membuat pernyataan menolak menjadi donor.

Filipina pada tahun 1995 justru melakukan amandemen Undang-undang Donasi Organ. Perubahan itu antara lain memberikan mandat atas nama hukum kepada dokter yang merawat, direktur RS atau petugas yang ditunjuk, untuk mengizinkan pengambilan kornea jenazah kasus-kasus kecelakaan dan medico-ilegal yang meninggal atau jenazah berada di RS, apabila tidak ada keluarga dalam tempo 12 jam (yang awalnya 48 jam).

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Jika Anda berminat untuk menjadi donor mata setelah meninggal kelak, Anda bisa mendaftarkan diri di Bank Mata Indonesia. Untuk Jakarta bisa di bagian mata RSCM dan RS Mata Aini.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • None
  • jumadi88: yang mati pas kena tembak oleh aparat yang menghadang para pendemo sebelum memasuki area demo. Dia mAti terkena peluru karet, dia dibawa ke RS tapi s
  • siagian: Kematian? Apanya yang mati? Tolol!
  • jumadi88: oke
Ada berbagai macam alat kontraseps an amazing black and white bedroom desig belaskasih Berikut ini ada 5 latihan yang bisa dilakukan di kantor tapi tetap efektif dan menyenangkan blue bed room brings a cool fresh feeling accessories and furniture.to a space blue kitchen have existed cocok untuk mengandung craft dan bali. design donatur elegan bed room 2 elegan living room elegant dining room furniture health hukuman. interior design jahe lebih mancur mengatasi migran jawa keluarga ruyati Kitchen modern design and classic style in a specially designed luxury housing kithcen room Massa memulai aksi dengan melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan eksekusi Ruyati. Metode kontrasepsi yang berbeda akan memberikan keuntungan yang berbeda dan juga kerugian dalam arti perasaan tidak nyaman dan risiko kesehatan lain yang juga berbeda. modern pencemaran Red and white kitchens are sexy and dramatic Salah satu polutan yang dikawahtirkan akan menghambat pertumbuhan tinggi badan manusia adalah pestisida yang belakangan makin banyak digunakan santunan Seorang perempuan mengenakan kerudung warna hijau dan kemeja warna hijau dan celana jeans terlihat berdiri dan dijerat lehernya dengan menggunakan tali tambang. Tangan kanan dan tangan kiri si perempu seperti dikutip dari Askmen set white bedroom furniture sofa . sumatra sungai their furniture is fairly traditional.design the living room The vogue for glossy kitchens is still very popular and gives a throughly modern This design will be a pleasant place in your home Ukuran Tubuh Manusia 100 Tahun Mendatang Bakal Menyusut usia 29 tahun white bedroom white bedroom furniture white bedroom set

Categories

Archives

%d bloggers like this: